LWN4MWBaMGpcNqR7MqxdMGR5NncsynIkynwbzD1c

Hipnoterapi Untuk Anak-Anak

BLANTERLANDINGv101
8394635912266705282

Hipnoterapi Untuk Anak-Anak

Rabu, 15 Juni 2022

Dalam konteks hipnoterapi Anak umumnya ada tiga kategori anak. Pertama, anak usia sangat muda, dengan rentang usia mulai lahir hingga sekitar lima atau enam tahun. Kedua, anak usia muda, usia lima hingga sebelas tahun. Dan ketiga, anak remaja, usia dua belas tahun ke atas. 

Karakter anak adalah hasil bentukan, bukan sekedar bawaan lahir. Ada yang mengatakan bahwa anak ibarat kertas kosong (tabula rasa). Ini adalah padangan yang kurang tepat. Yang benar adalah anak seperti sebuah media tempat pelukis (baca: orangtua) menorehkan cat lukis. Untuk dapat menghasilkan lukisan yang indah, pelukis harus mengenal media yang ia gunakan, apakah terbuat dari kertas, kanvas, kain, kaca, logam, keramik, tembok, atau media lainnya, dan tentunya juga menggunakan bahan dan teknik lukis yang sesuai. Sayangnya orangtua biasanya hanya mengenal satu teknik lukis yaitu teknik yang ia pelajari dari orangtuanya yang mendidiknya saat kecil. Teknik ini juga yang ia gunakan, lebih tepatnya dipaksakan, untuk menghasilkan lukisan dalam diri anaknya, yang mana seringkali tidaklah sesuai. 

HIPNOTERAPI adalah satu bentuk terapi untuk pikiran dengan menggunakan metode hipnotis. Nah, bagaimana cara kerja hipnoterapi untuk anak-anak?

Ahli hipnoterapi, Angela Phillips B.Ed (Hons) Dip Hyp GQHP mengatakan, pada usia muda, anak sering hidup dalam dunia imajinasi mereka. Para ahli hipnoterapi melihat mereka bermain memerankan sosok guru, dokter, petugas pemadam kebakaran, masinis, dan seterusnya.

Dunia imajinasi mereka dapat dimanfaatkan oleh hipnoterapis untuk pengobatan. Ini berarti mereka sering membutuhkan waktu lebih sedikit untuk mengatasi masalah pada anak.

Setelah berbicara secara rinci kepada anak, hipnoterapis akan menggunakan bahasa anak untuk mengerti dan memahami minatnya agar bisa masuk ke dunia mereka.

Hal yang sangat penting agar anak harus merasa nyaman dengan terapisnya dan ini memastikan bahwa mereka bersedia untuk terlibat penuh dalam proses hipnoterapi.

Keterlibatan ini mungkin tidak tampak seolah-olah mereka berada dalam keadaan hipnosis, mereka mungkin memiliki mata mereka terbuka dan bisa melakukan apa yang mereka suka.

Itu bukan untuk mengatakan bahwa beberapa anak tidak akan duduk mengantuk di kursi, menikmati masa relaksasi mereka!

Haruskah Anda meminta anak jika ingin membantu menciptakan perubahan positif?

Orangtua perlu memastikan bahwa anak ingin datang ke sesi mereka dan mereka tidak harus membawa kehendak mereka. Pilihan harus diberikan kepada anak.

Orang tua, tentu saja adalah bagian penting dari rencana perawatan, dan harus didorong untuk terlibat penuh. Namun, hubungan utama adalah antara terapis dan anak.

Apakah hipnoterapi bisa digunakan untuk masalah yang berkaitan dengan perkembangan anak dan permasalahannya?

Jawabannya adalah sangat bisa! Sebetulnya hipnoterapi sering kali lebih efektif dilakukan kepada anak-anak. Ini karena anak-anak lebih mudah diberi sugesti. Daya khayal mereka masih sangat besar dan sangat bebas, bahkan terkadang mereka belum bisa membedakan antara khayalan dan kenyataan. Makanya akan lebih mudah memasuki alam bawah sadar mereka untuk menanamkan sugesti dalam pikiran bawah sadarnya.

Sekitar usia tujuh tahun, kebanyakan anak, frekuensi gelombang otaknya adalah gelombang alpha, yang merupakan gelombang otak pada kondisi hipnosis. Inilah mengapa anak kecil sangat cepat belajar dan menyerap informasi-informasi dan kebiasaan di lingkungan sekitarnya.

Belajar bahasa misalnya, anak kecil jauh lebih cepat menguasai beberapa bahasa sekaligus dibanding orang dewasa. Inilah mengapa sugesti-sugesti dan program-program yang diberikan saat hipnoterapi lebih cepat diserap ke dalam pikiran bawah sadar anak. Selain itu, karena belum banyak pengalaman hidup serta masih dalam proses berkembang dan belajar, anak-anak akan lebih mudah menerima hal baru seperti hipnosis. Orang dewasa terkadang menyimpan keraguan dan secara tidak sadar resisten terhadap proses hipnosis, sehingga butuh waktu lebih lama untuk memasuki alam bawah sadar. Sebaliknya, anak-anak cenderung tidak mempertanyakan atau menyimpan keraguan seperti orang dewasa sehingga lebih cepat memasuki kondisi hipnosis.

Lantas apa saja masalah anak-anak yang dapat diselesaikan dengan hipnoterapi?

Beberapa masalah anak-anak terkadang sangat mirip dengan yang dialami oleh orang dewasa. Namun, beberapa jauh lebih unik untuk kelompok usia mereka. Seperti:

  • Prestasi belajar buruk.
  • Tidak suka makan nasi/sayuran atau buah-buahan
  • Anak minder dan sulit bergaul.
  • Menumbuhkan minat serta kepercayaan diri.
  • Anak malas agar menjadi rajin.
  • Motivasi melejitkan prestasi dalam bidang apapun.
  • Tegang, cemas, grogi, atau tidak bisa fokus ketika ujian.
  • Tidak semangat sekolah.
  • Anak-anak yang selalu bertengkar atau sering tawuran.
  • Kurang nafsu makan.
  • Kecanduan game,
  • Mengompol
  • Kecemasan saat ditinggal atau terpisah dari keluarga
  • Ditindas/Dibully
  • Masalah belajar dan ketakutan ujian
  • Kesulitan bergaul
  • Prestasi belajar menurun
  • Fobia
  • Ketakutan waktu malam dan masalah tidur
  • Suka menjambak rambut
  • Mengisap jari atau jempol
  • Menggigit kuku
  • Traumatis dan masih banyak lagi.

Hipnoterapi menjadi sangat berguna karena bisa mengidentifikasi pola negatif yang mendasarinya dan bisa mengubah cara anak untuk menanggapinya. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa membantu anak mengidentifikasi sumber pemicu yang membuat mereka ingin melakukan kebiasaan/hal buruk tersebut dan membantu mereka mencari cara terbaik untuk menghindari pemicu tersebut kelak. 

Quantum hipnoterapi menyediakan layanan hipnoterapi untuk anak-anak, dengan permasalahan, sebagai berikut:

1. Kebiasaan Buruk

Hipnoterapi menjadi sangat berguna karena bisa mengidentifikasi pola negatif yang mendasarinya dan bisa mengubah cara anak untuk menanggapinya. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa membantu anak mengidentifikasi sumber pemicu yang membuat mereka ingin melakukan kebiasaan burik tersebut dan membantu mereka mencari cara terbaik untuk menghindari pemicu tersebut kelak. 

2. Ketakutan dan Fobia

Kecemasan dan fobia bisa disembuhkan dengan hipnoterapi. Ketika pikiran mendapatkan respon baru terhadap situasi tersebut, maka ketakutan akan berkurang atau langsung menghilang. 

3. Gangguan Tidur

Insomnia merupakan gangguan tidur yang buruk pada anak-anak dan akan menjadi berbahaya bagi kesehatan mereka, sama seperti insomnia yang dialami oleh orang dewasa. Ketika anda masih kecil, anda akan membutuhkan waktu tidur ekstra untuk bisa tumbuh dan merasa sehat. Masalah tidur yang berkembang pada anak-anak bahkan bisa bertahan sampai dewasa mulai dari insomnia hingga kecemasan dan overthinking. 

Karena hipnoterapi anak memang didesain untuk membantu seseorang mencapai keadaan rileks, maka beberapa orang termasuk anak-anak mungkin mengalami keadaan gelombang otak yang sama dengan tidur mereka. Ini bisa diterima bahkan luar biasa. Itu artinya anak anda berada pada jalur yang tepat untuk mendapatkan tidur yang mereka butuhkan. Kebiasaan tidur yang buruk pada anak bisa menyebabkan anak mudah marah, kurang konsentrasi dan hiperaktif. 

4. Mengompol

Ini bisa menjadi hal traumatis bagi siapa saja tanpa memandang usia. Anak-anak biasanya merasa sangat malu karena mereka mengompol. Anak-anak dengan tidur yang sangat nyenyak cenderung memiliki masalah dengan mengompol. Mereka tidak menyadari bahwa kandung kemih mereka sudah penuh. Anak-anak yang sebelumnya tidak pernah mengompol pada malam hari juga bisa mengompol ketika terjadi peristiwa yang emosional. 

Ini yang disebut dengan regresi. Hipnoterapi bisa membantu anak anda melatih pikiran dan tubuhnya untuk bangun tepat waktu dan menggunakan toilet untuk mengatasi masalah emosional yang menyebabkan mereka bisa mengompol lagi.

5. Gangguan Emosi /Pemarah

Anak-anak walau lucu kadang bisa sangat mengesalkan, yakni terutama jika anak tersebut tipe pemarah. Kondisi ini tak hanya menggangu sang anak, tapi juga orangtuanya. Hipnoterapi dapat digunakan untuk menanggulangi emosi anak.
Anak pemarah tidak bukanlah tanpa sebab. Lewat metode hipnotis / hipnosis, akar masalah dapat diketahui dan “disembuhkan”. Di Amerika Serikat, metode ini mulai dilirik terapis sejak dekade 1950-an. Menurut dr. Milton Erickson dan Erik Wright, hipnosis efektif untuk mengatasi berbagai gangguan pada anak.
Teknik hipnoterapi untuk dilakukan dengan indirect hypnosis (hipnosis secara tidak langsung). Kondisi hipnosis bisa terjadi kala seseorang terlibat aktif dan fokus terhadap suatu hal, yang menyamankan dan membuatnya rileks.
6. Menurunnya Prestasi Belajar
Dalam kasus anak mengalami kesulitan belajar, misalnya, hipnoterapis akan lebih dahulu menggali akar permasalahan anak atau setidaknya mencoba berkomunikasi demi mengetahui akar masalahnya. Setelah itu barulah dilakukan terapi, yang bertujuan agar anak mampu mengatasi penyebab ia sulit belajar itu, misalnya dengan cara bermain imajinasi menggunakan tokoh kesayangannya untuk memberikan sugesti.
7. Sulit diatur Atau Membangkang
Orang tia bingung menghadapi anak yang bermasalah? Dari mulai sulit diatur atau membangkang.
Apabila segala cara sudah dicoba tapi anak masih berulah, silahkan bisa mencoba metode hipnoterapi diquantum hipnoterapi
Hypnoterapi adalah metode memberikan sugesti positif melalui alam bawah sadar anak, dengan teknik hipnotis yaitu dengan memberikan sugesti positif pada saat anak berada di gelombang pikiran alpha dan theta, yaitu kondisi dimana anak dalam keadaan rileks dan fokus.
8. Gangguan psikologi/emosi/prilaku lainnya

Katentuan atau Syarat Hipnoterapi untuk Anak-Anak di Quantum Hipnoterapi:

  1. Usia anak minimal 4 tahun 
  2. Mampu berkomunikasi dan menerima informasi dengan baik
  3. Kami tidak melayani Untuk anak-anak berkebutuhan khusus seperti (autis), gangguan pada panca indera, dan semacamnya karena tidak bisa ditangani dengan hipnoterapi.
  4. Kami juga tidak melayani anak dengan ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder (gangguan mental yang menyebabkan anak sulit memusatkan perhatian, serta memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif)
  5. Untuk jumlah sesi kami menyediakan layanan minimal 3 sesi terapi dan setiap anak memiliki karakter dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda sehingga dimungkinkan ada yang memerlukan lebih dari 3 sesi.


BLANTERLANDINGv101

FORMULIR PENDAFTARAN WHATSAPP×
Silahkan Masukan Data Diri Anda
Pilih Layanan
Kirim Sekarang